March 2, 2024
Hiburan

Mengenal King Of Pop Dunia – Michael Jackson

Artikel ini dikutip dari “Media Britannica” Michael Jackson, lengkapnya Michael Joseph Jackson atau Michael Joe Jackson, lahir 29 Agustus 1958, Gary, Indiana, AS—meninggal 25 Juni 2009, Los Angeles, California, penyanyi, penulis lagu, dan penari Amerika yang merupakan penghibur paling populer di dunia pada awal dan pertengahan 1980-an. Dibesarkan di Gary, Indiana, di salah satu keluarga musik paling terkenal di era rock, Michael Jackson adalah anak bungsu dan paling berbakat dari lima bersaudara yang dibentuk ayahnya, Joseph, menjadi sekelompok bintang cilik yang mempesona yang dikenal sebagai Jackson 5. Selain Michael, anggota Jackson 5 adalah Jackie Jackson (nama panggilan Sigmund Jackson; lahir 4 Mei 1951, Gary), Tito Jackson (nama panggilan Toriano Jackson; lahir 15 Oktober 1953, Gary), Jermaine Jackson (b. 11 Desember 1954, Gary), dan Marlon Jackson (b. 12 Maret 1957, Gary).

The Jackson 5

Michael Jackson

Presiden Motown Records, Berry Gordy, Jr., terkesan dengan grup tersebut dan mengontrak mereka pada tahun 1969. Mengenakan mode paling keras, Afros terbesar, koreografi paling keren, dan semangat muda dan penuh perasaan, Jackson 5 langsung sukses. Mereka mencetak empat hit pop nomor satu berturut-turut dengan “I Want You Back”, “ABC”, “The Love You Save”, dan “I’ll Be There” pada tahun 1970. Dengan Michael menduduki puncak tangga lagu pop sebagai pemain solo dengan ” Ben” dan mencapai nomor dua dengan “Rockin’ Robin,” dan dengan Jackson 5 yang memproduksi lagu-lagu dansa trendsetter seperti “Dancing Machine,” rentetan hits keluarga untuk Motown bertahan hingga tahun 1975. Saat Michael beranjak dewasa, suaranya berubah, ketegangan keluarga muncul, dan kebuntuan kontrak pun terjadi. Grup tersebut akhirnya putus dengan Motown, pindah ke Rekaman Epik sebagai Jacksons. Jermaine tetap di Motown sebagai pemain solo dan digantikan oleh adik bungsunya, Randy Jackson (sepenuhnya Steven Randall Jackson; lahir 29 Oktober 1961). Sebagai artis rekaman, Jacksons menikmati kesuksesan yang konsisten hingga tahun 1984, dan saudara perempuan mereka Janet Jackson memulai karir menyanyinya sendiri di awal 1980-an; namun, album solo Michael memiliki status yang sama sekali berbeda.

The “King of Pop” – Michael Jackson

Upaya solo pertama Jackson untuk Epic, Off the Wall (1979), melampaui semua ekspektasi dan menjadi album terlaris tahun ini (akhirnya terjual lebih dari 20 juta kopi). Diproduksi oleh veteran industri Quincy Jones, Off the Wall menghasilkan single hit internasional besar-besaran “Don’t Stop ’til You Get Enough” dan “Rock with You,” keduanya memamerkan gaya energik Michael dan memanfaatkan tren tarian disko kontemporer. Tiga tahun kemudian dia kembali dengan kolaborasi lain dengan Jones, Thriller, sebuah tour de force yang menampilkan sederet bintang tamu dan mengangkatnya menjadi superstar dunia. Thriller meraih banyak penghargaan, termasuk delapan Grammy yang memecahkan rekor; tetap di tangga lagu selama lebih dari dua tahun; dan terjual lebih dari 40 juta eksemplar, lama memegang perbedaan sebagai album terlaris dalam sejarah. Single pertama di album, “The Girl Is Mine,” duet santai dengan Paul McCartney, menjadi nomor satu di tangga lagu ritme-dan-blues dan nomor dua di tangga lagu pop pada musim gugur 1982. Tindak lanjut tunggal, “Billie Jean,” sebuah lagu dance menggetarkan dan kendaraan untuk tarian “moonwalk” merek dagang Jackson, menduduki puncak tangga lagu pop, seperti halnya “Beat It,” yang menampilkan solo parau dari gitaris terkenal Eddie Van Halen. Selain itu, “Beat It” membantu mendobrak batasan buatan antara artis kulit hitam dan putih di radio dan dalam format video musik yang muncul di televisi.

King of Pop – Jackson

Pada tahun 1984 Jackson terkenal di seluruh dunia sebagai “Raja Pop”. Tur reuni Victory-nya yang sangat ditunggu-tunggu dengan saudara-saudaranya adalah salah satu acara konser paling populer pada tahun 1984. Pada tahun 1985 Jackson dan Lionel Richie ikut menulis “We Are the World,” single khas untuk USA for Africa, sebuah proyek all-star yang ditujukan untuk kelaparan. lega. Album solo selanjutnya—Bad (1987), yang menghasilkan lima hit yang menduduki puncak tangga lagu (di antaranya lagu utama dan “Man in the Mirror”), dan Dangerous (1991), yang sebagian besar diproduksi oleh sensasi New Jack Swing Teddy Riley— memperkuat dominasi musik pop Jackson. Pada tahun 2001 dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame; Jackson 5 dilantik pada tahun 1997.

Tuduhan penganiayaan, kesulitan keuangan, dan kematian

Gaya hidup Jackson yang eksentrik dan menyendiri menjadi semakin kontroversial di awal 1990-an. Reputasinya rusak parah pada tahun 1993 ketika dia dituduh melakukan pelecehan anak oleh seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang berteman dengannya; gugatan perdata diselesaikan di luar pengadilan. Pada tahun 1994 Jackson diam-diam menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley, tetapi pernikahan mereka berlangsung kurang dari dua tahun. Tak lama kemudian Jackson menikah lagi, pernikahan ini membuahkan anak, meski juga berakhir dengan perceraian. Sementara dia tetap menjadi selebritas internasional, citranya di Amerika Serikat lambat untuk pulih, dan semakin menderita pada November 2003 ketika dia ditangkap dan didakwa melakukan penganiayaan anak. Setelah persidangan selama 14 minggu yang menjadi semacam sirkus media, Jackson dibebaskan pada tahun 2005.

Setelah peristiwa ini, Jackson mengalami keruntuhan finansial yang mengakibatkan penjualan banyak asetnya yang cukup besar, termasuk, pada akhirnya, peternakan Neverland yang mewah. Dia sedang mempersiapkan serangkaian konser terkenal yang dia harap akan memicu kembalinya ketika dia meninggal mendadak karena serangan jantung pada 25 Juni 2009 — mendorong curahan kesedihan yang meluas dari para penggemarnya yang memuncak dalam perayaan peringatan hidup dan warisannya. pada 7 Juli di Staples Center di Los Angeles, menampilkan penghormatan dari teman dan tokoh terkenal seperti Stevie Wonder, Berry Gordy, Jr., Brooke Shields, dan Al Sharpton. Pada Agustus 2009, koroner memutuskan kematian Jackson sebagai pembunuhan; penyebabnya adalah kombinasi obat penenang dan propofol yang mematikan, obat bius. Pada November 2011, dokter pribadi Jackson dinyatakan bersalah atas pembunuhan tidak disengaja.

Baca juga: ID Palsu AS: Yang Harus Kamu Hindari!

Film dokumenter This Is It, yang diambil dari rekaman berdurasi lebih dari 100 jam yang dikumpulkan selama latihan untuk jadwal comeback 50 konser Jackson di London, tayang perdana pada bulan Oktober 2009. Juga pada tahun 2009 video musik Jackson yang berdurasi 14 menit “Thriller” (1983) , disutradarai oleh John Landis, dimasukkan ke dalam National Film Registry of the Library of Congress—video musik pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut. Film dokumenter selanjutnya disertakan Leaving Neverland (2019), yang berpusat pada dua pria yang menuduh Jackson melakukan pelecehan seksual terhadap mereka ketika mereka masih anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *